Hebohnya pagi dengan keceriaan pemateri Dian Rahma Santoso dalam Pelatihan jurnalistik dan temu netizen umsida.ac.id (8/2/2018).

Suasana kegiatan yang bertempat di kampus 4 aula siti khodijah ini menjadi sangat menarik dan tidak membosankan dikarenakan ekspresi dan tingkah pola pemateri yang lincah. “Teknik penulisan berita yg terpenting adalah 5W1H” ujarnya sambil tersenyum ceria. Namun bukan hanya Dian Rahma Santoso saja yang mengisi dalam pelatihan tersebut tetapi ada Nur Fatoni Senior Editor PWMU.co dan Kumara Adji Umsida.

Peserta dengan antusias mendengarkan dan mengabadikan setiap detik kegiatan yg sedang berlangsung melalui handphone. Dengan penyampaian yang ringan oleh pemateri membuat peserta merasa tak bosan untuk mengikuti selama sesi pelatihan ini. Itu dibuktikan pada sesi tanya jawab yang diberikan, para peserta sangat antusias melemparkan beberapa pertanyaan untuk masing – masing pemateri. “apakah boleh dan apa kebijakan yang diambil pada saat salah satu portal berita mengcopy paste berita di portal lain dengan isi dan judul berita yang sama tetapi tidak minta izin terlebih dahulu kepada editor yang bersangkutan” kata salah satu peserta laki – laki tersebut. Nur Fatoni pun menjawab “tentu tidak boleh, karena dalam perundang-undangan pun itu termasuk dalam plagiatisme. maka untuk semua wartawan dan editor harus mencari tahu terlebih dahulu kepada narasumber apakah benar kejadian tersebut terjadi, tidak asal untuk mengarang tulisan saja. dan dalam setiap tulisan harus menyertakan nama inisal yg selalu diletakkan pada kalimat terakhir dalam setiap sebuah berita. untuk tahu siapa yang menulisnya” ujarnya.

 

Pada akhir sesi para peserta diberikan tugas untuk membuat sebuah berita dalam waktu 10 menit dan terbagi dalam 3 kelompok dengan dipandu oleh masing-masing pemateri. kelompok pertama didampingi Nur Fatoni, kedua Kumara Adji dan ketiga oleh Dian Rahma Santoso. pada kelompok yang terakhir nampak raut wajah peserta yang tegang sekaligus bingung apa yang harus ditulis. tetapi dengan penuh semangat yang berkobar – kobar dan tutur kata yang hangat Dian memberikan sebuah tips agarĀ  “jangan terlalu dipikirkan, langsung ditulis saja. untuk membuat sebuah berita kerjakan 5W1H nya dahulu maka untuk membuat sebuah Lead dan judul akan terasa lebih gampang” ujarnya sambil melihat satu per satu tulisan peserta. tepat pada menit terakhir mereka pun dapat menyelesaikannya.(amel)

 

Type your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *