Berawal dari kepedulian terhadap lingkungan sekitar, Rizaldi Eko Prasetyo yang merupakan mahasiswa Informatika UMSIDA cetuskan program FLOTER (Fly Over Pinter). Tak hanya itu, ide cemerlang ini berhasil mengalahkan ratusan peserta di kompetisi Imagine Cup sampai akhirnya masuk di 15 besar.
Program yang bertujuan untuk memudahkan pengendara pada saat melalui fly over ini dikerjakan oleh 3 mahasiswa Informatika, yakni: Rizaldi Eka Prasetyo sebagai pencetus ide sekaligus ketua tim, Masrizal Eka sebagai programmer dan anggota, dan M. Adenan Khamim sebagai desainer dan anggota. Seperti yang diketahui, fly over di Indonesia hanya memiliki ukuran 3,8 yang dapat dilalui 1 kendaraan roda 4 saja, sehingga harus bergantian dengan pengendara dari arah berlawanan. Untuk itu diperlukan sistem untuk mengatur kendaraan. Selama ini pengaturan lalu lintas fly over dilakukan secara manual oleh manusia. Tentunya hal ini memiliki risiko bahaya, dan salah satunya adalah terjadinya kecelakaan. Keadaan inilah yang mendorong Rizaldi dan kawan-kawan untuk membuat program Floter. “Misal kalau dari Timur ada yang lewati sensornya, maka palang Barat akan menutup otomatis. Jadi gak perlu lagi dikendalikan manusia”, jelas Rizaldi saat ditanya mengenai cara kerja program.

Ide yang muncul sejak bulan Juli 2017 ini rupanya membuat Rizaldi CS berusaha mewujudkannya menjadi nyata. Terbukti dari dimulainya pembuatan prototype yang melewati proses pembuatan desain oleh M. Adenan Khamim, perangkaian program oleh Rizaldi Eka Prasetyo, dan coding oleh Masrizal Eka Y. setelah jadi dan bisa dipraktikkan, muncul ide dari Rizaldi “Kenapa kita gak coba ikut lomba, siapa tau lolos.”, saat ditanya awal mula perjalanan tim mereka.
Rizaldi juga menjelaskan bahwa program ini juga sudah diuji coba pada lomba MAGE ITS 2018 dan lolos tahap hingga 20 besar.
Hal ini membuktikan bahwa Mahasiswa UMSIDA bukan hanya Mahasiswa biasa. Mereka Mahasiswa kebanggaan Indonesia dan khususnya kebanggaan bagi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.