Peningkatan mutu pelayanan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA) tidak hanya ditingkatkan melalui bangunan fisik yang megah ditambah dengan pendirian gedung enam lantai yang saat ini masih sedang dalam proses pembangunan, namun juga melalui kualitas mahasiswa dalam pembuatan karya ilmiah sehingga membuahkan lulusan yang berkualitas tinggi dan siap melayani masyarakat luas. Minggu 17 Januari 2015, kemahasiswaan UMSIDA menyelenggarakan Workshop Penulisan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Bidang Artikel Ilmiah (AI) dan Gagasan Tertulis (GT) di Aula lantai 3 kampus 1 UMSIDA pada pukul 08.00 – 11.30 WIB.

Narasumber Workshop PKM yaitu Dr, Totok Wahyu Abadi, M.Si. Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UMSIDA. Dengan diselenggarakannya acara tersebut, diharapkan mahasiswa dapat memahami perbedaan subtansi antara penulisan PKM AI dan PKM GT serta bentuk-bentuk karya penulisan yang lain dengan tetap mematuhi format dan sistematika penulisan yang telah ditetapkan secara detail sehingga mahasiswa dapat mengikuti lomba PKM di tingkat Nasional.

Pelaksanan program kreativitas mahasiswa tahun 2016 memiliki target gerakan 1.000 PKM untuk UMSIDA mutu 2020, target ini diharapkan mahasiswa UMSIDA dapat menujukan prestasinya dalam bidang Program Kreatifitas Mahasiswa dalam segala bidang, ujar Narasumber saat menyampaikan materi.